Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isu Redenominasi Tidak Pengaruhi Bursa

Kompas.com - 04/08/2010, 16:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Ito Warsito menilai wacana redenominasi rupiah yang digulirkan Bank Indonesia bukanlah isu yang terlalu penting untuk direspon dengan kepanikan. Menurutnya pula, penurunan indeks harga saham gabungan (IHSG) hingga sekitar 2900 poin kemarin juga tidak pula disebabkan bergulirnya isu ini.

"Redenominasi bukanlah isu yang terlalu penting dalam penurunan indeks kemarin karena redenominasi tidak menurunkan nilai uang," tuturnya di Gedung BEI, Rabu (4/8/2010). Menurut Ito, kepanikan datang yang perlu diwaspadai justru datang dari investor individu yang bergerak di sektor retail.

Sementara itu, penurunan indeks kemarin, lanjutnya, lebih disebabkan transaksi institusi yang seharusnya bisa lebih pintar disikapi. Ito juga membantah penurunan indeks disebabkan efek inflasi bulan Juli 2010 yang mencapai 1,57 persen.

"Efek inflasi terlalu dibesar-besarkan. Penurunan kemarin karena adanya kenaikan saham-saham emiten besar yang cukup signifikan dan karena apresiasi rupiah. Dua hal ini memicu investor asing untuk melakukan profit taking," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com