Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Alokasikan Rp 1 Miliar

Kompas.com - 06/11/2010, 13:54 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Pemerintah pusat mengalokasikan dana sebesar Rp 1 miliar untuk rekonstruksi pasar di Kepulauan Mentawai yang habis diterjang bencana gempa dan tsunami, 25 Oktober lalu. Dana ini akan digunakan untuk membangun kembali dua pasar, yaitu Pasar Ibu Tuapejat di Kecamatan Sipora Utara dan Pasar Sioban di Kecamatan Sipora Selatan.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menyampaikan dana ini akan diperhitungkan di tahun anggaran 2011 melalui anggaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Per Januari, kita kan harus tunggu. Intinya mereka bisa sudah mulai tender sebelum Januari kalau bisa cepat. Begitu dana turun di Januari dan Februari itu bisa kita mulai dan kita bisa mempercepat itu," katanya di Ruang VIP Bandara Internasional Minangkabau, Sabtu (6/11/2010).

Mari mengatakan sudah memberikan pernyataan akan adanya kerusakan dan meloloskan bantuan dana Rp 1 miliar untuk pembiayaan infrastruktur pasar di daerah tersebut.

Namun untuk sementara, sepuluh hari pascabencana terjadi, Mari mengatakan perlu memberikan sekitar 100 tenda besar yang bisa dipergunakan untuk pasar darurat mengingat pentingnya pemerintah mendorong kembali pemulihan ekonomi di kawasan barat Indonesia ini.

"Sekarang kita kan masuk ke tahap rekonstruksi dan pemulihan kembali ekonomi. Di sini sangat perlu sarana rekonstruksi pemulihan ekonomi, seperti tenda untuk pasar darurat," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com