Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNI Siap Biayai Pembangunan Infrastruktur

Kompas.com - 27/04/2011, 14:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - BNI siap memberikan pinjaman sebesar Rp 43,6 triliun kepada sektor transportasi, jalan tol, kelistrikan, dan telekomunikasi. 

"(Sektor) yang paling krusial memang itu di jalan tol. Kadang-kadang udah ok, tahu-tahu pembebasannya rada mandek," jelas Dirut BNI Gatot M Suwondo, di Jakarta, Rabu (27/4/2011). 

Sektor transportasi dan jalan tol menjadi sektor yang mendapat porsi pembiayaan terbesar dengan jumlah Rp 24,80 triliun. Sedangkan, pembiayaan terkecil diberikan kepada sektor telekomunikasi sebesar Rp 5,54 triliun. Namun, sektor ini menjadi sektor dengan tingkat pencairan yang paling besar bersama dengan kelistrikan.

Mengenai pembangunan infrastruktur, pemerintah telah mengaku hanya mampu membiayai 30 persen dari total dana percepatan pembangunan yang dapat mencapai Rp 3.000 triliun.  Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Presiden Boediono dalam acara Indonesia International Infrastructure Conference dan Exhibition (IIICE) 2011 , di Jakarta, Selasa ( 12/4/2011 ) lalu. Ia meminta bantuan sektor swasta untuk memenuhi 70 persen dana yang tidak bisa dipenuhi  oleh pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com