Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra dn Mitra Bentala Reboisasi Mangrove

Kompas.com - 12/11/2011, 15:55 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

GEDONG TATAAN, KOMPAS.com - Grup Astra Lampung dan LSM Mitra Bentala melaksanakan rebosasi mangrove di Desa Gebang, Kecamatan Padangcermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Sabtu (12/11/2011).

Dalam kegiatan yang diberi tajuk go green ini, puluhan masyarakat, pemerhati lingkungan pesisir dan karyawan PT Astra wilayah Lampung antusias menanam bibit mangrove jenis Rhizophora mucronata di pesisir Desa Gebang.

Menurut Koordinator Astra Grup (AFFCO) Wilayah Lampung, Setiawan Trijayanto, sebanyak 2.500 bibit mangrove ditanam dalam kegiatan itu. Sebagian besar bibit ini berikut dana perawatannya telah diserahkan pihaknya, kepada kelompok masyarakat di desa ini.

Setiawan menyebutkan, kegiatan penghijauan ini merupakan wujud pertanggungjawaban sosial perusahaan tempatnya bekerja. Selain membagikan bibit mangrove, karyawan PT Astra juga melakukan bakti sosial memberikan ribuan buku dan sosialisasi penyakit malaria.

Direktur Eksekutif LSM Mitra Bentala, Herza Yulianto, menambahkan, lahan mangrove di pesisir Pesawaran terus terdegradasi akibat alih fungsi menjadi tambak. Dari 224 ha lahan mangrove yang pernah ada di Gebang, kini tersisa hanya 74 ha. Musnahnya lahan mangrove ini juga ditengarai merebaknya kasus malaria di masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com