Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekanan dari Penurunan Peringkat Eropa Mereda

Kompas.com - 17/01/2012, 08:26 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim riset Indosurya Securities memperkirakan pada perdagangan Selasa (17/1/2012 ) ini Indeks Harga Saham Gabungan akan berada pada level support 3.872-3.891 dan resistance 3.932-3.954. IHSG membentuk pola hanging man dimana sebelumnya membentuk pola abandoned baby.

 

Posisi candle telah sedikit berada di bawah upper bollinger bands. MACD seperti akan membentuk death cross dengan histogram positif yang memendek. RSI, William's %R, dan Stochastic kembali bergerak turun meski masih berada di sekitar area overbought.

Sentimen penurunan rating sejumlah negara di Eropa membuat kondisi pasar menjadi negatif namun, dengan positifnya bursa saham Eropa diharapkan bisa menghalau sentimen negatif dari penurunan rating tersebut.  

 

Bursa saham Eropa ditutup positif kecuali Spanyol, dan Portugal. Pergerakan ini dipicu keberhasilan lelang obligasi Perancis yang diadakan kemarin. Keberhasilan ini menghalau sentimen negatif dari penurunan rating sembilan negara Eropa oleh pemeringkat S&P. Bursa saham Jerman menguat tinggi dipicu kenaikan saham produsen mobil mewah setelah Goldman Sachs memberikan rekomen positif atas industri ini.  

 

Perancis menjual obligasinya senilai 1,9 miliar euro (2,4 miliar dollar AS) tenor 1 tahun dengan yield 0,41 peren atau turun dari sebelumnya di level 0,45 persen . Begitu pun dengan Treasury Perancis yang terjual 4,5 miliar euro untuk tenor 3 bulan dan 2,2 miliar euro untuk tenor 6 bulan.  

 

Dikabarkan pejabat Yunani akan mengadakan pembicaraan kembali dengan para kreditur pada 18 Januari setelah diskusi sebelumnya sempat terhenti pekan lalu yang membicarakan besaran kerugian investor di swap utang.

Di sisi lain, Merkozy berencana mengadakan pertemuan setelah peringatan dari Bank Sentral Eropa (ECB) akan risiko mengubah peraturan anggaran.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com