Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asia Melemah, IHSG Rawan Koreksi

Kompas.com - 20/07/2012, 10:39 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan bursa Amerika Serikat, bursa Asia pagi ini dibuka melemah akibat mencuatnya kekhawatiran krisis Eropa setelah China berjanji tetap memperketat bisnis properti.. Indeks Harga Saham Gabungan pun rawan terkoreksi.

Sementara itu, minyak pagi ini melemah 0,5 persen akibat kekhawatiran terjadinya penurunan permintaan. Bersamaan dengan bursa Asia dan juga reli yang terjadi dalam lima hari berturut-turut, riset Samuel Sekuritas Indonesia memperkirakan IHSG hari ini akan ikut terkoreksi.

Saham-saham yang rawan terkoreksi adalah saham-saham sektor perbankan, aneka industri, perdagangan, properti dan industri dasar. Support indeks ada di level 4.056. Semalam, setelah mengalami penguatan yang cukup signifikan di awal perdagangan akibat kinerja sejumlah emiten yang melebihi estimasi seperti IBM dan EBay, Bursa AS terkoreksi hingga ditutup menguat tipis 0,3 persen. Koreksi ini diakibatkan data existing home sales AS di bulan Juni lebih buruk dari estimasi begitu juga leading indicator di bulan Juni. Namun data itu justru kembali memicu akan adanya stimulus baru dari The Fed.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com