Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indeks Dibuka Menguat Tipis

Kompas.com - 13/08/2012, 10:47 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com-Indeks Harga Saham Gabungan Bursa Efek Jakarta dibuka naik tipis 6,91 poin atau sekitar 0,15 persen ke level 4,148.47, Senin (13/8/2012). Pergerakan tipis ini mengikuti pergerakan bursa regional Asia. Riset Semesta Indovest memperkirakan bursa Indonesia hari ini bergerak variatif dan konsolidasi dengan dalam rentang yang terbatas.

Ini akibat masih minimnya katalis pergerakan indeks di tengah masih suramnya sentimen pasar global akibat data ekonomi yang mengecewakan. Investor dapat melakukan selective trading pada saham-saham yang cukup diminati seperti ADRO, ASRI, BBRI, ASII, dan GIAA. Bursa Asia pagi ini bergerak mixed, ditengah data ekonomi global yang mengecewakan.

Setelah data perdagangan China yang buruk, kini Produk Domestik Bruto (PDB) Jepang juga tumbuh di bawah ekpektasi. Bursa AS ditutup positif pada perdagangan Jumat pekan lalu. Penguatan terjadi di tengah laporan data perdagangan China yang mengecewakan. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa Bank Sentral China akan kembali memberikan stimulus ekonomi. Bursa Eropa ditutup melemah merespon data perdagangan China yang mengecewakan. Indeks FTSE turun 0,08 persen, CAC turun 0,61 persen, dan DAX turun 0,29 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com