Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melalui TEPPA, Presiden Ingin Publik Tahu Penyerapan Anggaran

Kompas.com - 30/08/2012, 17:32 WIB
Dimasyq Ozal

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto menyampaikan, Presiden Susilo Bambang Yudhono ingin masyarakat dapat tahu baik buruknya penyerapan anggaran dari kinerja pemerintah pusat dan daerah serta kementerian atau lembaga (K/L) melalui laporan Tim Evaluasi dan Pengawasan Penyerapan Anggaran (TEPPA).

"Walau 3 bulan sekali Presiden meminta laporan dari kami, beliau yang memerintahkan kami untuk melaporkan kepada masyarakat sehingga mengetahui kinerja pemerintah (pusat) dan daerah untuk penyerapan anggaran yang baik maupun yang buruk," paparnya pada konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (30/8/2012).

TEPPA, menurut Kuntoro, merupakan bentukan Presiden SBY. Kekecewaan SBY atas penyerapan anggaran yang rendah pada tahun 2011 menjadi pemicu Presiden SBY membuat TEPPA.

"Latar belakangnya Presiden tahun lalu kecewa dengan serapan anggaran yang belum pernah serendah itu untuk tahun 2011 sebesar 87 persen," ungkap Kuntoro.

Kuntoro bersama Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati serta Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Mardiasmo tergabung dalam TEPPA. Trio TEPPA ini nantinya bakal memberikan hasil evaluasi masing-masing K/L dan daerah secara khusus kepada Presiden pada April, Agustus, November. Lalu seizin Presiden, hasil evaluasinya akan disampaikan ke hadapan publik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com