Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Adukan China ke WTO

Kompas.com - 18/09/2012, 02:15 WIB

WASHINGTON DC, SENIN - Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan mengajukan keberatan kepada Organisasi Perdagangan Dunia atau WTO terkait subsidi industri otomotif China. Subsidi China itu dianggap membuat industri otomotif AS kesulitan bersaing.

Secara politis, langkah ini juga menjadi jawaban terhadap tuduhan pesaingnya dalam pemilu mendatang, Mitt Romney, bahwa Obama terlalu lembek dalam menghadapi Beijing. Obama akan memperkuat posisi politiknya dengan mengumumkan pengaduan ke WTO ini di Negara Bagian Ohio, Senin (17/9), waktu setempat. Ohio adalah salah satu negara bagian dengan jumlah pemilih mengambang terbesar di AS.

Menurut keterangan pihak Gedung Putih, Obama menilai praktik subsidi yang dilakukan China itu merugikan sektor manufaktur AS. ”Pemerintahan

Obama akan mengeluarkan keberatan terhadap China di WTO karena secara ilegal telah memberikan subsidi ekspor untuk mobil mereka dan industri komponennya,” ujar seorang pejabat Gedung Putih.

Pejabat, yang tak mau disebutkan namanya itu, mengatakan, tindakan China telah membuat manufaktur komponen mobil AS tak dapat bersaing dan mendorong pemindahan proses produksi komponen mobil ke China.

Pengumuman ini diduga tak sekadar urusan ekonomi atau perdagangan. Obama berusaha mengambil hati warga Ohio yang merupakan negara bagian penting dalam pemilihan presiden 6 November. Penduduk Ohio sebagian besar bekerja di sektor industri otomotif dan industri komponen yang terkait.

Obama berulang kali memuji keputusannya memberikan dana talangan kepada industri otomotif AS pada tahun 2009. Sebaliknya, Romney dari Partai Republik menentang pemberian dana talangan tersebut.

Pengumuman tersebut juga merupakan kartu truf setelah dalam beberapa hari terakhir, kedua kubu selalu berkampanye tentang kebangkitan ekonomi China dan tantangannya terhadap perekonomian AS.

Romney tertinggal

Jajak pendapat NBC/Marist College pekan lalu menunjukkan bahwaRomney ketinggalan tujuh poin persentase dibandingkan Obama di Ohio. Sebelumnya, Partai Demokrat memasang iklan besar-besaran yang memuji pemberian dana talangan kepada industri otomotif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com