Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2013, Harga BBM Bersubsidi Belum Akan Naik

Kompas.com - 18/09/2012, 10:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah belum akan menaikkan harga BBM bersubsidi pada tahun 2013. Hal ini disepakati dalam pembahasan RAPBN 2013 antara pemeirntah dan Komisi VII DPR, Senin (17/9/2012) malam.

Pemerintah dan DPR menyepakati kuota BBM subsidi pada tahun 2013 adalah sebesar 46,01 juta kiloliter (KL). "Dengan perkiraan pertumbuhan kendaraan dan ekonomi pada tahun depan, dan dengan kuota sebesar 46,01 juta KL, saya pikir rencana itu (menaikkan harga BBM) belum ada," tutur Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik di sela rapat kerja dengan Komisi VII DPR di Gedung DPR.

Jero Wacik mengatakan, penundaan kenaikan harga BBM pada tahun ini menjadi pelajaran yang paling berharga. Hal itu karena rakyat belum siap untuk menerima kenaikan itu. "Kita melihat psikologi rakyat, makanya kita belum berencana menaikkan itu," kata Jero.

Menurut Jero, saat ini masyarakat belum siap untuk membeli BBM dengan harga keekonomian. Oleh karena itu, subsidi BBM masih tetap dirasa perlu. "Negara kita tidak bisa tanpa subsidi, sebab negara kita adalah negara demokrasi. Jadi, negara harus melindungi kepentingan rakyatnya," ucap Wacik.

Dalam RAPBN tahun 2013, anggaran belanja nonkementerian dan lembaga sebesar Rp 591,6 triliun dialokasikan antara lain untuk belanja subsidi Rp 316,1 triliun.

Anggaran subsidi tersebut naik Rp 48 triliun atau sekitar 18 persen dari beban anggaran subsidi, termasuk cadangan anggaran subsidi energi Rp 23 triliun, dalam APBN-P 2012 sebesar Rp 268,1 triliun.

Anggaran subsidi tahun 2013 tersebut dialokasikan untuk subsidi BBM jenis tertentu, LPG tabung 3 kilogram dan LGV sebesar Rp 193,8 triliun, subsidi listrik Rp 80,9 triliun, dan subsidi non-energi Rp 41,4 triliun. (Srihandriatmo Malau)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com