Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barade Siap Menangkan Dede-Laksamana

Kompas.com - 24/01/2013, 20:09 WIB
Dedi Muhtadi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com- Memasuki masa kampanye resmi Pilgub Jabar 7-20 Februari 2013, koalisi Barade atau baraya (saudara) Kang Dede yang terdiri dari Partai Demokrat (PD), Partai Amanat Nasional (PAN), Gerindra, dan 14 partai nonparlemen melakukan konsolidasi untuk menyiapkan berbagai strategi.

Ketua Tim Pemenangan Dede-Laksamana, Didin Supriadi di Bandung, Kamis (24/1/2013), menjelaskan, pihaknya siap memenangkan pasangan Dede Yusuf-Lex Laksamana pada Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat 24 Februari 2013.

Partai Demokrat sendiri menyelenggarakan pembekalan yang langsung dimpimpin oleh Ketua Umum DPP PD Jumat (25/1/2013) Danau Bogor Raya, Kabupaten Bogor.

Pembekalan itu akan dihadiri seluruh anggota DPR RI, DPRD Jabar, dan DPRD Kabupaten/Kota se-Jabar. Unsur pengurus struktural partai mulai dari DPP PD, DPD PD Jabar juga DPC se-Jabar harus mengikuti konsolidasi akbar tersebut.

Selain agenda terkait dengan strategi pemenangan, pembekalan ini membahas secara konprehensif. Hasilnya nanti menjadi bahan masukan untuk tim gabungan babarengan (bersama-sama) untuk menyusun strategi.

Baik menyangkut persiapan kampanye, penguatan akar rumput maupun pengamanann suara di setiap tingkatan baik KPU Daerah, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga tempat pemungutan suara TPS (TPS).

Pemerhati Pilgub Jabar yang juga guru besar ilmu hukum Universitas Parahyangan Bandung Asep Warlan Yusuf melihat, dari sisi kontelasinya partai politik, tim babarengan memiliki kemampuan untuk memberdayakan partai politik, walaupun parpol pendukungnya sedang bermasalah dengan korupsi.

Namun Direktur Studi Teritorial Ryan Sumindar mengamati, selama ini kader dan simpatisan seluruh partai pengusung tidak sepenuhnya bekerja karena belum tersiaga dengan logistik. "Di daerah tidak terlihat sama sekali aktivitas jejaring partai melakukan sosialisasi pasangan Dede Yusuf-Lex Laksamana," ujar Ryan.

Didin menegaskan, kini semua elemen pendukung, baik parpol atau relawan solid dan bergerak secara babarengan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com