Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok SBY Sampaikan Nama-nama Calon Gubernur BI

Kompas.com - 21/02/2013, 16:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menyampaikan nama-nama calon pengganti gubernur BI kepada DPR, besok, Jumat (22/2). Hal itu diungkapkan oleh Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan, Firmansyah.

"Ditunggu saja, karena besok tanggal 22 Februari (2013), sesuai surat DPR, usulan nama-nama akan disampaikan secara resmi oleh presiden," ujar Firmansyah dalam pesan singkat kepada KONTAN, Kamis (21/2/2013).

Firmansyah menolak menjawab nama-nama kuat calon pengganti Darmin Nasution yang masa jabatannya berakhir pada 22 Mei 2013 terebut. Berdasarkan informasi yang beredar, ada sejumlah nama yang dijagokan mampu mengendalikan Bank Indonesia. 

Mereka adalah Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah, Ekonom Raden Pardede, Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar, Pelaksana tugas Kepala Badan Fiskal Bambang Brodjonegoro, dan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Anggito Abimanyu. Bahkan ada juga yang menyebutkan nama Darmin Nasution masih dipertimbangkan untuk diusulkan. 

Kemarin, Juru Bicara Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha juga menolak memberikan komentar terhadap nama-nama yang dianggap kuat bisa mengantikan Darmin Nasution. Julian mengelak dengan mengatakan saat ini, presiden SBY sedang berkonsultasi dengan Wakil Presiden Boediono, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Sekretaris Negara Sudi Silalahi dan sejumlah menteri yang sering berhubungan dengan BI.

Julian memastikan bahwa SBY pasti mengirimkan nama-nama calon gubernur BI tersebut paling lama besok, Jumat 22 Februari. Pasalnya berdasarkan Undang-Undang BI, presiden wajib menyerahkan nama-nama calon pengganti Gubernur BI ke DPR paling lambat tiga bulan sebelum masa jabatan Gubernur yang sedang menjabat berakhir. (Noverius Laoli/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com