Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Sulbar Harga Bawang Belum Turun

Kompas.com - 19/03/2013, 07:54 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Meskipun pemerintah mengklaim harga bawang putih sudah turun, di wilayah Sulawesi Barat harga komoditi itu bertahan di harga Rp 65.000 per kilogram.

Di berbagai pasar tradisional di Kabupaten Majene dan Polewali Mandar, para pedagang menjual bawang putih di kisaran harga Rp 50.000 hingga Rp 65.000. Menurut para pedagang, mereka sudah telanjur membeli bawang dengan harga tinggi, sehingga tidak bisa serta merta menurunkan harga jual.

Munira, pedagang bawang di Pasar Baru Polewali Mandar, misalnya, hingga kini masih menjual bawang putih dengan harga Rp 50.000. "Karena harga dari pemasok sudah tinggi," ujar Munira.

Sementara itu, Rawi, pedagang bawang putih di Pasar Sentral Majene, menjual bawang putihnya seharga Rp 60.000 per kilogram. Kata Rawi, dia tidak bisa tiba-tiba menurunkan harga jual karena bawang itu telanjur dibelinya dengan harga mahal.

Agar tidak merugi, dia menjual bawang putih dengan harga Rp 60.000. "Pedagang lain harganya malah Rp 65.000," ucap Rawi.

Para pedagang memperkirakan harga bawang baru bisa turun mendekati harga semula, yakni sekitar Rp 20.000, setelah para pedagang menghabiskan stok bawang yang dibeli dengan harga tinggi. Mereka juga tidak mau rugi karena stok mereka hari ini dibeli dengan harga tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com