Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Astra Finance Targetkan Pembiayaan Rp 11 T

Kompas.com - 16/04/2013, 20:37 WIB
Angger Andreas

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Astra Finance mampu melakukan penjualan untuk 54.000 unit dengan total biaya Rp 8,2 triliun pada tahun lalu. Tahun ini perusahaan pembiayaan itu, menargetkan peningkatan penjualan hingga 20 persen dengan total pembiayaan Rp 11 triliun.

Direktur PT Toyota Astra Finance Kurnadi Tandudjaja mengakui bahwa total pembiayaan yang dilakukan di tahun 2012 tidak sesuai dengan target yang pernah dicanangkan.

"Kalau dilihat dari total pembiayaan, memang kurang dari target. Namun, dari unit yang terjual kami justru mengalami kenaikan. Ini dampak dari kebijakan penetapan uang muka 25 persen yang ditetapkan pertengahan tahun lalu," ujar Kurnadi saat ditemui Kompas seusai Penawaran Obligasi PT Toyota Astra Financial Services di Jakarta, Selasa (16/4/2013).            

Hingga kini, Kurnadi belum bisa memperkirakan dampak yang terjadi pasca ditetapkannya kebijakan penetapan uang muka bank syariah yang baru berlaku April 2013 ini.

"Pangsa pasar bukan tujuan utama kami. Kami lebih konsen pada kualitas pelayanan, karena kami bukan pengusaha ritel," katanya. Kurnadi menambahkan, di tahun 2013 ini pasar mobil diperkirakan akan mencapai 1,2 juta unit. "Ini peluang baik bagi Toyota. Mengingat pada kuartal pertama tahun ini penjualan dan pembiayaan mengalami peningkatan," terangnya.

Kuartal I tahun lalu jumlah penjualan Toyota mencapai 13.800 unit dengan pembiayaan Rp 2 triliun, sedangkan di tahun 2013 meningkat menjadi 14.872 unit dengan pembiayaan Rp 2,3 triliun.

Tahun ini Toyota Astra Finance juga merencanakan ekspansi dengan membuka cabang baru di beberapa tempat, seperti Depok, Banjarmasin, Balikpapan, dan lain sebagainya. Adapun jenis kendaraan yang paling diminati oleh konsumen saat ini adalah Avanza, Innova, Fortuner, Camry dan Corolla. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com