Kompas.com - 16/04/2013, 20:37 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Astra Finance mampu melakukan penjualan untuk 54.000 unit dengan total biaya Rp 8,2 triliun pada tahun lalu. Tahun ini perusahaan pembiayaan itu, menargetkan peningkatan penjualan hingga 20 persen dengan total pembiayaan Rp 11 triliun.

Direktur PT Toyota Astra Finance Kurnadi Tandudjaja mengakui bahwa total pembiayaan yang dilakukan di tahun 2012 tidak sesuai dengan target yang pernah dicanangkan.

"Kalau dilihat dari total pembiayaan, memang kurang dari target. Namun, dari unit yang terjual kami justru mengalami kenaikan. Ini dampak dari kebijakan penetapan uang muka 25 persen yang ditetapkan pertengahan tahun lalu," ujar Kurnadi saat ditemui Kompas seusai Penawaran Obligasi PT Toyota Astra Financial Services di Jakarta, Selasa (16/4/2013).            

Hingga kini, Kurnadi belum bisa memperkirakan dampak yang terjadi pasca ditetapkannya kebijakan penetapan uang muka bank syariah yang baru berlaku April 2013 ini.

"Pangsa pasar bukan tujuan utama kami. Kami lebih konsen pada kualitas pelayanan, karena kami bukan pengusaha ritel," katanya. Kurnadi menambahkan, di tahun 2013 ini pasar mobil diperkirakan akan mencapai 1,2 juta unit. "Ini peluang baik bagi Toyota. Mengingat pada kuartal pertama tahun ini penjualan dan pembiayaan mengalami peningkatan," terangnya.

Kuartal I tahun lalu jumlah penjualan Toyota mencapai 13.800 unit dengan pembiayaan Rp 2 triliun, sedangkan di tahun 2013 meningkat menjadi 14.872 unit dengan pembiayaan Rp 2,3 triliun.

Tahun ini Toyota Astra Finance juga merencanakan ekspansi dengan membuka cabang baru di beberapa tempat, seperti Depok, Banjarmasin, Balikpapan, dan lain sebagainya. Adapun jenis kendaraan yang paling diminati oleh konsumen saat ini adalah Avanza, Innova, Fortuner, Camry dan Corolla. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.