Kompas.com - 24/04/2013, 14:51 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

BRUSSELS, KOMPAS.com — Peluang ekspor perikanan laut di Indonesia pada tahun 2013 sangat menjanjikan, menyusul tingginya permintaan hasil perikanan lalut seperti udang dan ikan di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang.

Untuk menguatkan ekspor hasil perikanan laut Indonesia di dunia, hingga kini Kementerian Kelautan dan Perikanan, bersama perusahaan-perusahaan pengekspor hasil perikanan laut, terus mencari peluang pasar yang baru.

Hari Rabu (24/4/2013) ini, PT Central Proteinaprima Tbk (CP Prima), salah satu pelaku industri terbesar di Indonesia di bidang makanan laut, akan menandatangani kontrak kerja sama ekspor udang dan produk olahan lainnya dengan perusahaan distributor produk di Belanda (Heiploeg) dan Rusia (Agama).

Penandatanganan kerja sama akan dilaksanakan sekitar pukul 15.00 waktu setempat di arena European Seafood Exposition (ESE) 2013 di Brussels, Belgia.

"Untuk Belanda, kami memperkuat kerja sama dengan memperpanjang kontrak yang sudah dilakukan sekitar 10 tahun; sedangkan Rusia merupakan pasar yang baru," ujar Senior Advisor PT CP Prima, Yohanes Hardian Purawimala Widjonarko, saat ditemui di arena ESE 2013 di Brussels.

Kerja sama KKP

Wartawan Kompas, Sonya Helen Sinombor, dari Brussels, melaporkan, pada hari yang sama, dalam waktu yang hampir bersamaan, KKP dan 10 perusahaan pengekspor hasil perikanan juga menandatangani perjanjian kerja sama dengan Centre for the Promotion of Imports from Developing Countries (CBI) yang merupakan pusat pelatihan bagi importir khusus ikan. Kerja sama lain juga akan dilakukan KKP dengan organisasi dari Swiss, yang khusus menangani impor dari negara berkembang khusus untuk rumput laut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Melalui kerja sama ini, CBI dan KKP akan melakukan pelatihan-pelatihan bagi eksportir Indonesia agar produk perikanan kita bisa masuk ke pasar luar negeri," ujar Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Saut Hutagalung, yang juga ditemui di sela-sela ESE 2013.

 



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X