Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MS Hidayat: Chatib Akan Jadi Menkeu yang Dinamis

Kompas.com - 21/05/2013, 17:37 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perindustrian MS Hidayat menilai tepat penunjukan Chatib Basri sebagai Menteri Keuangan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan melihat latar belakang pendidikan dan pengalaman Chatib di bidang ekonomi.

"Dia (Chatib) doktor makroekonomi. Dia juga mendalami masalah mikroekonomi. Jadi, saya kira pengalamannya komprehensif," kata Hidayat seusai pelantikan Chatib sebagai Menkeu di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/5/2013).

Hidayat mengaku sudah lebih dari enam tahun bergaul, berdebat, berbeda pendapat dengan Chatib. Perdebatan tersebut bukan hanya soal ekonomi. Hidayat menilai Chatib memiliki visi yang jelas.

Chatib, kata Hidayat, menyadari bahwa perubahan mengikuti dinamika global harus dilakukan. Ia meyakini Chatib akan menjadi Menkeu yang dinamis dengan mengikuti perkembangan zaman. "Tapi tetap prudent, hati-hati, tapi tidak konservatif," katanya.

Hidayat mengaku sudah berbicara dengan Chatib terkait industri di Indonesia ke depan. Kepada Chatib, ia menyinggung beberapa isu yang tertahan di Kemenkeu untuk meningkatkan perkembangan industri dan investasi.

"Misalnya ada investasi besar di bidang refinery kemarin yang ditolak di Kementerian Keuangan. Banyak isu yang meningkatkan lebih cepat perkembangan industri dan investasi. Kita mau mendiskusikan bagaimana menyikapi regulasinya," pungkas Hidayat.

Seperti diberitakan, setelah dilantik sebagai Menkeu, Chatib masih menjabat Kepala Badan Koordinasi Penananam Modal (BKPM). Presiden masih mempertimbangkan beberapa nama untuk memimpin BKPM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com