Kompas.com - 02/08/2013, 19:52 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT  Dharma  Satya  Nusantara  Tbk  atau DSNG berhasil  meningkatkan  produksi minyak sawit mentah atau CPO  menjadi 145.397  ton, naik  sekitar  31,1 persen dibandingkan  periode  yang  sama  pada tahun  lalu.

Volume  penjualan CPO milik DSNG juga meningkat. Terjadi peningkatan penjualan CPO sekitar 30,5 persen  menjadi  147.693 ton.  Perseroan  juga  mencatat  kenaikan produksi Tandan Buah Segar (TBS) selama periode Januari–Juni 2013 yang mencapai 555.570 ton, atau naik sekitar 28 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara TBS yang diproses mencapai 600.350  ton, naik sekitar 35,0 persen   dibandingkan tahun yang lalu. Hal itu diperoleh dari perkebunan inti, petani plasma dan pihak ketiga.  

Direktur Utama DSNG, Djojo Boentoro, mengatakan peningkatan volume produksi TBS ini disebabkan karena meningkatnya luasan tanaman yang mature dan bertambahnya usia  tanaman milik Perseroan.  

"Total area tanaman mature meningkat dari 42.333 hektar pada tahun 2012 menjadi 48.470 hektar di 2013, sementara produktivitas TBS per hektar mencapai 11,9 ton per hektar meningkat 9 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya," kata Djojo di Jakarta, Jumat (2/8/2013).

Dari kinerja keuangan perseroan, DSNG berhasil membukukan penjualan bersih Rp 1,7 triliun atau relatif sama dengan penjualan pada periode yang sama tahun lalu, di tengah turunnya harga CPO   belakangan  ini.

Jumlah  penjualan bersih itu disumbang oleh sektor perkebunan yang mencapai 60 persen atau senilai Rp 1 triliun dan sektor produk kayu yang mencapai 40 persen atau sekitar Rp 0,7 trilun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.