Kompas.com - 27/08/2013, 05:35 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
WASHINGTON, KOMPAS.com — Pemerintah Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengingatkan Kongres, Senin (26/8/2013), bahwa Amerika akan kehabisan uang untuk membayar utang negara adidaya itu pada pertengahan Oktober 2013 bila parlemen tak kunjung menaikkan batas maksimal utang pemerintah.

"Kongres harus bertindak sesegera mungkin untuk melindungi kredit Amerika," kata Menteri Keuangan Jack Lew dalam surat kepada para pemimpin Kongres. Dia pun menggarisbawahi bahwa tenggat waktu "gagal bayar" sudah semakin dekat.

Pemerintah Obama sejak Mei 2013 telah mengajukan kenaikan batas pinjaman maksimal menjadi 16,7 triliun dollar AS untuk menghindari status "gagal bayar" dari utang-utangnya. Sejak saat itu, Amerika menggunakan sejumlah langkah darurat untuk bertahan membayar utang, termasuk pengetatan kas dan menangguhkan pembayaran dana pensiun untuk pekerja federal.

Lew mengatakan, pemerintah akan kehabisan kemampuan membayar utang pada Oktober 2013 dan hanya menyisakan 50 miliar dollar AS di kas negara bila batas pinjaman itu tak kunjung naik. Menurut Lew, sisa kas negara 50 miliar dollar AS adalah nominal yang bisa terhapus seketika dalam satu hari untuk sebuah negara adidaya.

Jika kondisi ini dibiarkan terjadi, tegas Lew, kepercayaan investor pada Amerika akan goyah. "Skenario seperti itu dapat merusak pasar keuangan dan menyebabkan gangguan yang signifikan terhadap perekonomian kita," tambah dia.

Partai Republik mempertimbangkan menggunakan kebutuhan meningkatkan batas maksimal utang pemerintah ini sebagai "leverage" untuk agenda mereka di Kongres. Salah satunya adalah menjadikannya "senjata" untuk mencegah disetujuinya revisi UU Kesehatan yang menjadi salah satu agenda Obama.

Kubu konservatif juga punya kepentingan meloloskan reformasi hukum pajak sekaligus mendesak Obama untuk menyetujui usulan pembangunan pipa minyak. "Batas utang tetap menjadi pengingat bahwa, di bawah Presiden Obama, Washington telah gagal menangani secara serius utang dan defisit Amerika," kata Juru Bicara Kongres John Boehmer.

Sebelumnya, pemerintahan Obama mengatakan Kongres diminta segera bertindak pada awal September 2013 untuk mencegah negara itu "gagal bayar" atas utang-utangnya. Namun, penguatan ekonomi telah meningkatkan penerimaan pajak, memberikan perpanjangan tenggat waktu untuk Pemerintah Obama, sembari menunggu respons Kongres.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.