Indonesia-China akan Teken MoU Bisnis 20 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 30/09/2013, 22:30 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - China dan Indonesia akan melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerja sama kedua negara. Total nilai kerja sama kedua negara ditargetkan sebesar 20 miliar dollar AS.

Penandatanganan MoU itu akan diteken saat Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT)  Xi Jinping melakukan kunjungan ke Indonesia pada 2-3 Oktober 2013 mendatang.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, ada sejumlah MoU dan agreement yang akan ditandatangani pada level pemerintah ke pemerintah atau government to government dan business to business saat kedatangan Presiden Xi ke Indonesia.

"Sekarang sedang diseleksi di kantor saya, apa saja yang konkret dan tidak. Bersama dengan kedutaan kita melakukan seleksi, yang konkret betul akan kita agendakan untuk melakukan penandatanganan di depan Presiden SBY dan Xi Jinping," terang Hatta di kompleks Istana Merdeka, Senin (30/9).

Ia mengatakan, pemerintah mengharapkan dari total semua kerja sama tersebut nilainya mencapai 20 miliar dollar AS. Kerja sama tersebut meliputi bidang perdagangan, pertambangan, kawasan industri, manufaktur, dan sebagainya.

Di bidang pertambangan ada hilirisasi dan smelter seperti bauksit, nikel, seng. "Untuk smelter mereka menyadari Indonesia sangat serius menghentikan ekspor bahan mentah," tutur Hatta. (Noverius Laoli)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Kontan


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.