Rupiah Masih Melempem di Hadapan Dollar AS

Kompas.com - 11/11/2013, 09:08 WIB
Ilustrasi KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Laju nilai tukar rupiah awal pekan ini tampaknya masih dalam tren melemah seperti halnya sepanjang sepekan kemarin. Kenaikan dollar AS terjadi atas mayoritas mata uang di kawasan Asia.

Senin (11/11/2013) pagi ini rupiah dibuka turun 0,5 persen ke level Rp 11.479 per dollar AS di pasar spot. Ini merupakan pelemahan lanjutan dari akhir pekan lalu.

Awal pekan lalu adanya rilis indeks manufaktur AS di awal pekan yang di atas estimasi membuat laju nilai tukar dollar AS masih terapresiasi sehingga makin menekan laju nilai tukar rupiah.

Menurut riset Trust Sececurities, dollar AS bergerak naik dengan semakin gencarnya spekulasi tapering off akan dipercepat. Di sisi lain, imbas dari rilis kembali defisitnya neraca perdagangan Indonesia masih mewarnai laju pelemahan rupiah.

Padahal terdapat sentimen positif dari kenaikan kepemilikan obligasi oleh asing di pertengahan pekan lalu. Rupiah bergerak di atas target support Rp 11.415 per dollar AS.

Hari ini rupiah diproyeksikan bergerak di rentang Rp 11.418-11.390 per dollar AS (kurs tengah BI).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X