Pemberlakuan PPnBM untuk Barang Mewah Molor

Kompas.com - 19/11/2013, 17:59 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Hingga saat ini penerapan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk sejumlah barang mewah termasuk mobil completely built up (CBU) belum berlaku. Padahal, sebelumnya pemerintah menyatakan bahwa PPnBM mulai diberlakukan pada 1 November 2013.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, PPnBM akan mulai diberlakukan pada Desember 2013. "Molornya di Menkeu yang dinaikkan menjadi 125 persen," kata dia ditemui seusai sidang paripurna soal LCGC di Jakarta, Selasa (19/11/2013).

Ditanya perihal molornya pemberlakuan PPnBM yang baru, Hidayat mengaku tak mengerti. Sementara itu, Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, penerapan PPnBM untuk mobil sebesar 125 persen dari sebelumnya 40-75 persen dimaksudkan untuk membangun industri otomotif dalam negeri.

Sebelumnya, kenaikan besaran pajak tersebut dilansir pemerintah dalam paket kebijakan ekonomi, Agustus lalu.

"Kenaikan PPnBM untuk kategori mobil mewah seperti sedan, MPV, dan SUV dimaksudkan untuk mengurangi defisit perdagangan, dan merangsang pengalihan aktivitas impor menjadi manufaktur dalam negeri," ujar Hatta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.