Berinvestasi, Kaum Muda Harus Punya Tujuan

Kompas.com - 05/02/2014, 19:11 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam berinvestasi menggunakan instrumen apapun, tentu saja yang diharapkan adalah keuntungan. Namun bagi kalangan muda yang ingin berinvestasi, tujuan berinvestasi harus jelas.

Perencana Keuangan Aidil Akbar menjelaskan pada dasarnya investasi adalah untuk jangka panjang. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, kaum muda harus terlebih dahulu memahami dan tahu betul apa yang mendasari investasi tersebut.

"Jadi diajarkanlah anak-anak ini bahwa Oke, saya berinvestasi untuk misalnya 5 tahun lagi saya mau menikah, mau punya apartemen sebelum married. Jadi tujuannya ada," kata Aidil ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (5/2/2014).

Tujuan investasi tersebut, kata dia, harus jelas dan spesifik. Ini karena investasi sebenarnya harus sesuai dengan jangka waktu. Lebih lanjut, tujuan investasi pun ada hubungannya dengan jangka waktu.

"Kalau hanya sekedar investasi yang menarik sih banyak. Harus sesuai tujuan. Karena tujuan itu kan ada hubungannya sama jangka waktunya, nanti baru ketahuan," papar Aidil.

Investasi dengan tingkat risiko tinggi, kata Aidil, termasuk kategori jangka panjang. Bila kaum muda berinvestasi untuk tujuan jangka pendek, maka jenis investasi tersebut tidaklah cocok. "Kalau dia misalnya mau nikah 2 tahun lagi ya tidak bisa masuk saham," ujarnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.