Bandara Soetta Bayar Pajak Rp 44,54 Miliar ke Tangerang

Kompas.com - 10/03/2014, 16:39 WIB
Kendaraan melintas di salah satu gerbang masuk Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang Banten. WARTAKOTA/Nur IchsanKendaraan melintas di salah satu gerbang masuk Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang Banten.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Sepanjang 2013, PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) membayarkan pajak bumi dan bangunan (PBB) sebesar Rp 44,54 miliar kepada Pemerintah Kota Tangerang.

Angka ini naik 23,8 persen dibandingkan 2012 yang senilai Rp 35,98 miliar, dan menempatkan Bandara Soetta sebagai pembayar PBB terbesar di Tangerang. Sementara itu, jumlah pajak parkir yang dibayarkan pada 2013 adalah Rp 24,89 miliar atau meningkat 44,54 persen dibandingkan 2012 yang sebesar Rp17,22 miliar.

Bandara Soetta pun tercatat sebagai pembayar pajak parkir terbesar di Tangerang. Atas kepatuhan membayar pajak tersebut, Pemerintah Kota Tangerang memberikan penghargaan kepada PT Angkasa Pura II.

Dalam keterangan resminya, Senior General Manager Bandara Soetta, Bram Bharoto Tjiptadi mengatakan, Bandara Soetta senantiasa mendukung kota Tangerang, diantaranya memenuhi kewajiban membayar pajak.

“Pajak adalah kontribusi langsung untuk pembangunan Tangerang. Kami berharap PT Angkasa Pura II, Pemerintah Kota Tangerang, dan institusi lainnya semakin bahu membahu untuk bersinergi guna meningkatkan taraf hidup, tingkat pendidikan, dan tingkat perekonomian masyarakat di sekitar Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” kata Bram, Senin (10/3/2014).

Walikota Tangerang Arif R. Wismanyah menuturkan Pemerintah Kota Tangerang sangat mengapresiasi institusi yang memenuhi kewajibannya membayar pajak. Dia menambahkan, pemberian penghargaan kepada PT Angkasa Pura II antara lain untuk memicu institusi lain di Kota Tangerang agar selalu patuh dan taat membayar pajak.

“Kota Tangerang tengah melakukan pembangunan besar-besaran, antara lain didanai oleh pajak yang dibayarkan. Salah satunya adalah pembangunan Rumah Sakit Umum Kota Tangerang, yang didanai dari pajak,” paparnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X