Kompas.com - 02/06/2014, 18:34 WIB
Ilustrasi smelter istimewaIlustrasi smelter
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian mengucapkan terima kasihnya kepada pemerintah Tiongkok karena delapan perusaannya yang bergerak di sektor pertambangan bersedia membangun smelter di Indonesia.

Kemenperin menilai langkah itu sebagai bentuk sikap menghargai Tiongkok terhadap Undang-undang Minerba yang dibuat pemerintah Indonesia. "Saya secara resmi ucapkan terimakasih telah menghargai (UU Minerba) kepada RRT, kita akan layani sebaik-baiknya," ujar Menteri Perindustrian, M.S Hidayat, di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (2/6/2014).

Hidayat menjelaskan, bahwa kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Tiongkok sangat baik dalam pembuatan smelter tersebut. Menurutnya, sudah ada pembicaraan antara kedua pemerintah untuk membahas investasi Tiongkok dalam sektor pertambangan.

"Sudah ada pembicaraan Meteri dengan Menteri. Presiden dengan Presiden, dia mengerti dengan latarbelakang UU itu," katanya.

Sebelumnya, pemerintah mewajibkan semua perusahan tambang untuk membuat smelter. Kewajiban tersebut sesuai dengan amanat Undang-undang Minerba yang mewajibkan perusahan tambang meningkatkan nilai tambah hasil produksinya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.