Maskapai Kesulitan Keuangan Terjadi di Seluruh Dunia

Kompas.com - 19/06/2014, 12:57 WIB
Pesawat Airbus A320 Tigerair Mandala.
WWW.TIGERAIRWAYS.COMPesawat Airbus A320 Tigerair Mandala.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com
- Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Bambang PS Brodjonegoro ikut menanggapi penutupan maskapai penerbangan Tigerair Mandala per 1 Juli 2014 mendatang. Menurut dia, maskapai penerbangan di seluruh dunia memang mengalami masalah.

"Kalau airlines memang semua kena, bukan hanya Indonesia. Coba perhatikan laba perusahaan-perusahaan penerbangan dunia. Yang untung mungkin cuma Singapore Airlines dan itu lebih karena dia jual pesawat," kata Bambang di Gedung DPR, Rabu (18/6/2014) malam.

Terkait permasalahan yang menimpa Tigerair Mandala, Bambang berasumsi mahalnya bahan bakar menjadi salah satu faktor utama. Selain itu, persaingan yang ketat di antara maskapai penerbangan juga ikut memberikan andil.

"Seperti Malaysia Airlines, Thai Airways rugi besar. Semua itu karena avtur mahal dan persaingan yang ketat," ujar Bambang.

Seperti diberitakan, Tigerair Mandala akan menghentikan kegiatan operasional terhitung 1 Juli 2014. Keputusan tersebut, mempertimbangkan beberapa faktor, antara lain: kondisi pasar yang sedang turun, serta meningkatnya biaya operasional akibat depresiasi rupiah yang cukup tajam.

Ketua Dewan Komisaris Jusman Syafii Djamal menyebutkan, sejak beroperasi kembali di bulan April 2012, Mandala terus mengalami kerugian. (baca: Mulai 1 Juli, Tigerair Mandala Berhenti Terbang)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.