OJK Imbau Pelaku Pasar Finansial Pantau Kondisi Regional

Kompas.com - 11/07/2014, 13:14 WIB
Bursa Efek Indonesia KONTANBursa Efek Indonesia
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca-pemilihan presiden 9 Juli lalu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) perkasa hingga menembus level 5.000. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku pengawas pasar modal mengamati kondisi ini.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad menyatakan, bagaimanapun, pergerakan IHSG selalu didasari oleh sentimen dan fundamental.

"Indeks selalu didasari oleh dua hal, pertama sentimen dan kedua fundamental. Sentimen yang pertama ini cukup berperan, sehingga indeks kemudian mengalami peningkatan," kata Muliaman di Jakarta, Jumat (11/7/2014).

Akan tetapi, lanjut Muliaman, Indonesia pun harus tetap berhati-hati, sebab masih dihadapkan pada faktor regional maupun global yang relatif sama. Sehingga, indeks bisa saja kembali berfluktuasi.

"Tapi tentu saja kita melihat sentimen masyarakat, baik dalam maupun luar negeri saya kira kemarin, paling tidak kemarin, saya kira asing banyak sekali membeli saham. Kemarin volume perdagangan sampai Rp 15 triliun," ujar dia.

Muliaman memandang sentimen positif yang membuat IHSG menguat sangat baik dan diharapkan dapat menjadi bekal bagi pergerakan IHSG ke depan. Namun demikian, IHSG harus tetap dipantau karena sifatnya yang dapat naik dan turun.

Sekedar informasi, kemarin IHSG pada pukul 16.00 ditutup menguat sebesar 73,29 poin atau 1,45 persen di posisi 5.098,01. Volume transaksi mencapai 9,24 miliar lot saham dengan nilai transaksi yang sangat besar, yaitu Rp 15,44 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil hitung cepat menunjukkan pemenang pilpres adalah pasangan yang difavoritkan pelaku pasar, yaitu Jokowi-JK. Dari eksternal, sentimen positif dihembuskan bursa Asia Pasifik yang sebagian besar menguat, mengikuti Wall Street yang ditutup menghijau pada akhir perdagangan.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X