Bank Dunia: Indonesia Akan Memulai Babak Baru Sejarah Ekonominya

Kompas.com - 21/07/2014, 12:47 WIB
Salah satu sudut Jakarta. Pertumbuhan ekonomi Indonesia akan melambat sepanjang 2014 worldpropertychannel.comSalah satu sudut Jakarta. Pertumbuhan ekonomi Indonesia akan melambat sepanjang 2014
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Dunia menyatakan, Indonesia akan memulai babak baru dalam sejarah ekonominya pada tahun-tahun mendatang. Melemahnya harga komoditas dan pertumbuhan kredit akan berpengaruh terhadap pilihan kebijakan ekonomi yang akan diambil.

"Indonesia akan memulai babak baru dari sejarahnya dan menghadapi berbagai pilihan kebijakan yang sulit. Dalam waktu dekat, mengatasi peningkatan tekanan fiskal dan menjaga kelangsungan defisit transaksi berjalan sangat penting," ujar Direktur Bank Dunia untuk Indonesia, Rodrigo A Chaves di Jakarta, Senin (20/7/2014).

Dia menjelaskan, situasi ekonomi Indonesia saat ini memang sedang mengalami penurunan pertumbuhan oleh beberapa faktor. Dengan masalah-masalah yang dihadapi sekarang, menurut Rodrigo, jalan yang paling efektif adalah melakukan reformasi struktural, salah satunya dengan melakukan reformasi kebijakan subsidi BBM.

Jika reformasi struktural dijalankan, maka akan membantu terjadinya pemerataan kemakmuran di negara besar seperti Indonesia ini. Menurut dia, tujuan jangka panjang seperti menjaga pertumbuhan di atas 6 persen dan pengurangan kesenjangan akan berhasil dengan reformasi struktural tersebut.

"Reformasi struktural yang lebih dalam seperti reformasi kebijakan subsidi BBM dan investasi lebih banyak di bidang infrastruktur harus dilakukan. Reformasi itu akan membantu pemerataan kemakmuran," tandasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X