BBM Naik, Pemerintah Cermati Inflasi Akibat Tarif Angkutan Umum

Kompas.com - 20/11/2014, 10:19 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil pagi ini, Kamis (20/11/2014), menggelar rapat koordinasi (rakor) membahas dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), dengan sejumlah menteri terkait di bidang ekonomi, dan Gubernur Bank Indonesia. Rapat dilangsungkan tertutup, mulai pukul 08.00.

Sejam berselang, Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo terlihat keluar meninggalkan. Kepada wartawan yang menunggu di lobi gedung, Agus menerangkan, dalam rapat tersebut dilaporkan oleh Tim Pengendali Inflasi tentang hasil koordinasi pemerintah pusat, dan BI.

"Sekarang baru dibahas. Kita melihat bahwa nanti akan ada upaya kita untuk menjaga dampak kenaikan BBM di angkutan umum, baik dalam maupun luar kota," ucap Agus.

Selain inflasi akibat tarif angkutan umum, dia juga bilang, pemerintah akan melakukan upaya pengendalian harga pangan strategis. Dengan demikian, inflasi bisa tetap terjaga baik. Agus meninggalkan rapat, dan mewakilkannya kepada Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara.

Tak lama berselang, Menteri Keuangan, Bambang PS Brodjonegoro, juga terlihat meninggalkan gedung. Tidak banyak yang ia sampaikan. Namun, ia membenarkan dalam rapat ini pemerintah fokus soal dampak inflasi akibat tarif angkutan umum.

baca juga: Ketimbang Naikkan Harga BBM, Jokowi Diminta Genjot Penerimaan Pajak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.