SMA Ini Olah Keong Mas Menjadi "Nugget"

Kompas.com - 20/05/2015, 12:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorErlangga Djumena

LUMAJANG, KOMPAS.com
- Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Lumajang, Jawa Timur, mengembangkan makanan olahan dengan berbahan dasar dari keong mas yang diambil di sawah-sawah. Hewan yang menjadi hama bagi para petani ini diolah menjadi nugget.

"Tujuan dari produk ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memberantas hamanya, yaitu keong mas," kata Kepala Sekolah SMA 5 Lumajang Jumalah seperti dikutip Antara,  Selasa (19/5/2015).

Ia mengatakan, awalnya keong selalu menjadi hama yang mengganggu, karena bisa mengurangi produksi padi hingga seperempat lahan.

Umumnya padi yang diserang pada masa tumbuh awal antara 10 hingga 40 hari pertama. "Dengan adanya nugget dari keong, petani bisa mematun keong untuk dibawa ke kami, hingga saat ini hasil tani mulai membaik," ujarnya.

Nugget ini muncul berdasarkan penelitian yang bekerja sama dengan Sampoerna Foundation mengenai masalah sosial.

Manfaat dari keong sendiri bisa mengurangi resiko bermacam alergi, sesak napas, gangguan hati serta serat yang mengandung protein tinggi.

"Manfaat keong ternyata banyak, asal diolah dengan benar, dan juga kami telah mendapat sertifikasi halal dari MUI," tutur Jumalah.




Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X