OJK Sepakat Kerjasama dengan Bank Sentral Timor Leste

Kompas.com - 03/06/2015, 17:12 WIB
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad. KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah SKetua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad.
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) bersama Banco Central de Timor Leste (Bank Sentral Timor-Leste) melakukan kesepakatan kerjasama pengawasan atau supervisory cooperation. Pertemuan ini juga membahas seputar join examination, capacity building, dan financial inclusion.

"Komunikasi antar institusi sangat penting untuk menghindari kesalahan dalam komunikasi dan perbedaan persepsi yang mungkin timbul dan menghambat prosedur perizinan serta pengawasan lembaga jasa keuangan,” kata Gubernur Bank Sentral Timor-Leste, Abraao de Vasconselos di Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Acara ini dilangsungkan mengingat adanya peluang besar untuk meningkatkan kapasitas lembaga dan otoritas keduanya dalam kemajuan pengawasan sektor jasa keuangan. Ada tiga kesepakatan yang dicapai antara OJK dan Bank Sentral Timor-Leste.

Pertama, adanya perjanjian kerjasama formal yang akan tertulis dalam Memorandum of Understanding (MoU). Kedua, bentuk dari MoU adalah home-host supervision dan peningkatan kapasitas pengawasan sektor jasa keuangan termasuk di dalamnya financial inclusion dan financial education. Ketiga, MoU ini menjadi penting mengingat Bank Mandiri serta asuransi Sinarmas telah hadir di Timor-Leste. Selain itu, terdapat potensi kehadiran perbankan Indonesia lainnya di Timor-Leste setelah penandatanganan MoU.

"OJK turut mendukung perkembangan industri jasa keuangan di Timor-Leste dan bersedia untuk berbagi pengalaman serta pengetahuan melalui kerjasama pengembangan regulasi dan masterplan sektor jasa keuangan di Timor-Leste," ujar Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X