Politisi PDIP Kritik Menteri Rini yang Dianggap Mau Main Aman soal "Dwell Time"

Kompas.com - 19/06/2015, 15:01 WIB
Presiden Joko Widodo di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (17/6/2015). KOMPAS.com/Sabrina AsrilPresiden Joko Widodo di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (17/6/2015).
Penulis Ihsanuddin
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi VI DPR Indra P Simatupang mengkritik pernyataan Rini Soemarno yang menyebut lamanya waktu inap kontainer (dwell time) di Tanjung Priok adalah tanggung jawab banyak pihak.

Menurut dia, sikap Rini tersebut merupakan sikap pemimpin yang lari dari amanah dan mau main aman sendiri.

"Sebagai seorang pucuk pimpinan dari BUMN semestinya Ibu Rini paham akar persoalan yang terjadi di PT. Pelindo II, yang menyebabkan waktu bongkar muat di pelabuhan Priok menjadi yang paling lama dibandingkan pelabuhan-pelabuhan negara lain di Asean," kata Indra di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/6/2015).

Indra menilai, masalah dwell time ini sangat penting. Akar persoalan yang membuat harga komoditas Indonesia gagal bersaing di pasaran dunia salah satunya karena ongkos distribusinya mahal. Mahalnya ongkos tersebut, salah satunya disebabkan karena proses dwell time bisa dikerjakan berhari-hari.

"Bu Menteri ini memang bingung menemukan akar masalahnya atau sengaja menutup-nutupi ketidakmampuan Dirut Pelindo II? Atau jangan-jangan beliau sendiri yang memang tidak memiliki kemampuan mengelola BUMN?" kritik Politisi PDI-Perjuangan ini.

Kejadian ini, lanjut dia, menunjukkan Menteri BUMN tidak serius dan tidak memiliki prioritas kerja. Padahal tahun depan Indonesia sudah masuk pertarungan bebas di kawasan Asean. "Patut diduga, rumor selama ini adanya bagi-bagi jabatan dalam lingkungan BUMN bisa jadi benar. Bu Menteri tidak menjalankan prinsip the right man in the right place," ucapnya.

Indra pun meminta Presiden Jokowi membuktikan ancamannya dan segera mereshuffle Rini Soemarno. Dia berharap, Presiden segera menemukan sosok yang tepat untuk menggantikan Rini.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X