Tarif Transfer ATM Antar Bank BUMN Akan Makin Murah

Kompas.com - 14/12/2015, 10:11 WIB
Nasabah melakukan transaksi dengan mesin ATM. KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah SNasabah melakukan transaksi dengan mesin ATM.
EditorErlangga Djumena
MAKASSAR, KOMPAS.com - Meski sempat tertunda peluncurannya dari 9 Desember 2015 menjadi 16 Desember 2015 mendatang, namun empat bank BUMN sepakat untuk meluncurkan konsolodasi ATM Himbara Link Merah Putih.

Peresmian peluncuran ATM Himbara Link Merah Putih ini rencananya akan dilakukan di pusat perbelanjaan terbesar Asia Tenggara yaitu Pusat Perbelanjaan Tanah Abang.

Direktur Funding and Distribution Bank Tabungan Negara (BTN) Sis Apik Wijayanto mengatakan, terdapat manfaat yang sangat besar bagi para nasabah empat bank pelat merah ini. Utamanya adalah adanya pengurangan tarif transaksi ATM antar bank BUMN. Jika biasanya biaya transfer antar bank mencapai Rp 7.500, maka dengan sinergi bank milik pemerintah ini tarifnya lebih rendah dari Rp 5.000.

"Benefit untuk masyarakat adalah berupa penurunan tarif transaksi di ATM Himbara Link yang lebih murah. Untuk biaya transfer antar bank di ATM Himbara Link ongkosnya di bawah Rp 5.000 di 50 ATM Himbara Link yang tersedia nantinya," kata Sis Apik di Makassar, Jumat (11/12/2015) akhir pekan lalu.

Sis Apik menambahkan, jumlah ATM Himbara Link Merah Putih ini nantinya akan bertambah sebanyak 800 mesin ATM pada April 2016 mendatang. Dengan demikian, akan semakin banyak jumlah mesin ATM bertarif murah yang merupakan hasil dari sinergi bank BUMN.

Menurut Sis Apik, dalam kurun waktu sampai April 2016 nanti, empat bank pelat merah akan melakukan evaluasi terhadap sinergi mesin ATM Himbara Link Merah Putih ini. Sebab, ke depannya, seluruh jaringan mesin ATM bank BUMN akan melebur menjadi ATM Himbara Link Merah Putih.

Untuk tahap perdana ini, kata Sis Apik, 50 ATM Himbara Link Merah Putih akan disebar di lokasi yang sudah disepakati bersama sebelumnya. Di antaranya adalah di lokasi yang teradapat banyak ATM milik bank BUMN banyak dan juga tempat yang belum ada ATM Bank BUMN.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tempat yang banyak mesin ATM bank BUMN tentu akan diefisiensikan dan selanjutnya akan ditempatkan di lokasi yang belum ada ATM bank BUMN. Sistem IT ATM Himbara Link Merah Putih sudah tidak ada masalah, sudah roll out, sudah implementasi dan sudah sangat siap," jelas Sis Apik.

Menurut Sis Apik, sebaran jangkauan mesin ATM Himbara Link Merah Putih konsolidasi bank BUMN ini merupakan benefit lain yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Dengan semakin banyak sebaran dan jangkauan mesin ATM Himbara Link yang lebih luas, maka masyarakat akan lebih mudah mendapatinya.

Di sisi lain, dengan pengurangan biaya transaksi di 50 mesin ATM Himbara Link Merah Putih ini tentu akan mengurangi pendapatan berbasis dana atau fee based income masing-masing bank BUMN. Namun, kata Sis, hal itu akan diimbangi dengan penambahan jumlah transaksi menggunakan ATM Himbara Link Merah Putih yang lebih masif lagi.

"Memang fee based menjadi turun, tapi dari segi jumlah transaksi akan lebih dahsyat lagi. Proyeksi penambahan transaksi akan lebih besar karena kartu empat bank BUMN ini bisa digunakan dimana saja sehingga transaksi otomatis akan meningkat dan ini menguntungkan semua pihak baik nasabah dan juga perbankan," ujar Sis Apik. (Dea Chadiza Syafina)



Sumber KONTAN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X