Kompas.com - 21/12/2015, 15:10 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com - Niat bank-bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki Anjungan Tunai Mandiri (ATM) bersama terwujud. Hari ini, keempat bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN meluncurkan 50 ATM Himbara untuk daerah Jakarta dan sekitarnya di Pusat Grosir Tanah Abang, Jakarta Pusat. "Di sini adalah pusat nadi ekonomi Indonesia. Itulah alasan kami launching ATM Himbara ini," ujar Ketua Himbara Asmawi Syam saat memberikan sambutan, Jakarta, Senin (21/12/2015).

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyambut baik peluncuran ATM Himbara. Menurut OJK, penyatuan ATM bank-bank BUMN adalah satu hal yang lama diimpikan.

Sampai saat ini, bank-bank BUMN masih memiliki peran penting dalam sektor perbankan nasional. Sebab, keempat bank tersebut menguasai 40 persen pasar perbankan di Indonesia.

Lebih lanjut, peranan bank BUMN akan semakin besar saat kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) berjalan pada 2016 mendatang. "Langkah besar yang perlu di apresiasi," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.