Kompas.com - 03/02/2016, 19:09 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) bulan lalu memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan atau BI Rate dari 7,5 persen menjadi 7,25 persen. Penurunan BI Rate mendorong perbankan Tanah Air menurunkan suku bunga simpanan dan pinjamannya.

Sejak BI Rate turun, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah menurunkan suku bunga kreditnya sebesar 25 basis poin (bps). "Suku bunga kredit telah diturunkan 25 bps pada awal Februari 2016," ujar Asmawi di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

Menurut Asmawi, penurunan suku bunga kredit dapat saja dilakukan kembali. Akan tetapi, hal ini baru dapat ditetapkan setelah adanya pengkajian dari manajemen.

"Penurunan akan dilakukan secara bertahap. Kami akan terus evaluasi," sebut Asmawi.

Untuk tahun 2016, BRI membidik pertumbuhan kredit pada kisaran 13 persen sampai 15 persen, sedangkan untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) ditargetkan mencapai Rp 67,5 triliun, yang dialokasikan untuk KUR mikro sebesar Rp 65 triliun, KUR ritel Rp 6 triliun, dan KUR TKI Rp 500 miliar.

"Suku bunga KUR di semua sektor ditetapkan 9 persen per tahun sesuai dengan ketentuan dari pemerintah," tutur Asmawi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.