IKEA Sambut Baik Kebijakan Kantong Plastik Berbayar

Kompas.com - 21/02/2016, 22:34 WIB
EditorIcha Rastika

PONTIANAK, KOMPAS.com - Perusahaan asal Swedia IKEA menyambut baik kebijakan yang diterbitkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menerapkan kantong plastik berbayar di semua ritel di kota-kota besar Indonesia.

"Kami mendukung kebijakan pemerintah untuk menerapkan plastik berbayar di ritel-ritel. Kami sendiri memiliki program sejalan yaitu IKEA Blue Bag yang sejalan dengan kebijakan itu," kata Manajer Pemasaran IKEA Indonesia Eliza Fazia melalui pesan singkatnya yang diterima di Pontianak, Minggu.

(Baca: Pasar Tradisional di Denpasar Berlakukan Kantong Plastik Berbayar).

Menurut Eliza, sejak pertama kali dibuka bagi pasar Indonesia pada Oktober 2014, IKEA Indonesia tidak memberikan tas plastik secara gratis kepada pelanggan.

"Kami memiliki prinsip dasar untuk menjalankan bisnis dengan dampak seminim mungkin terhadap lingkungan. Inisiatif berbasis lingkungan ini telah diterapkan IKEA secara global sejak tahun 2008," ujarnya.

Untuk pelanggan, IKEA menyediakan IKEA Blue Bag yang 100 persen terbuat dari bahan polypropylene, ringan, ringkas, mudah dibersihkan, dan dapat digunakan berulang kali.

Eliza menilai IKEA Blue Bag ini sejalan dengan program pemerintah yang bertujuan mengurangi penggunaan plastik tersebut.

Selain dapat digunakan berulang kali sebagai tas belanja, IKEA Blue Bag dapat digunakan untuk beragam kebutuhan, seperti pemisah pakaian sebelum dicuci, atau memisahkan barang-barang yang dapat didaur ulang.

"IKEA mengajak masyarakat untuk mengubah kebiasaannya dalam penggunaan tas plastik dan mendorong kebiasaan baru untuk membawa dan menggunakan tas yang dapat digunakan kembali ketika berbelanja," kata Eliza.

"Dan diharapkan dapat membantu masyarakat memahami pentingnya memelihara sumber daya alam, dalam rangka mengurangi dampak terhadap lingkungan dari perilaku membuang tas plastik secara tidak bertanggung jawab," sambung dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Antara
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.