Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Feng Shui Imbau Hati-hati dengan Tahun 2018, Ada Apa?

Kompas.com - 02/03/2016, 20:01 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ahli Feng Shui Mauro Rahardjo memandang, perekonomian Indonesia akan membaik pada tahun 2016 yang merupakan Tahun Monyet Api.

Namun, Mauro menyatakan dirinya khawatir dengan kondisi pada tahun 2018 mendatang. Ada apa sebenarnya?

Mauro menjelaskan, tahun 2018 mendatang adalah tahun Anjing Tanah. Shio anjing, kata dia, sarat dengan unsur tanah.

Paduan unsur tanah ganda pada tahun 2018 akan menyebabkan unsur air, yang berkaitan dengan keuangan, sulit untuk bergerak.

"Tanah yang kuat akan menghambat air. Air adalah unsur finansial, jadi menurut saya ada semacam blokir," ungkap Mauro di sela-sela sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (2/3/2016).

Mauro menjelaskan, air yang kuat akan mengalir dengan baik. Akan tetapi, ketika ada tanah yang menghambat, maka air akan meresap ke dalam tanah. Sehingga, arus mengalirnya air tidak akan lancar.

Di samping itu, tahun 2018 adalah satu tahun menjelang berakhirnya masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Kabinet Kerja.

Sehingga, dalam kurun satu tahun terakhir tersebut seringkali terdapat goncangan. "Saya duga terkait 2019 perpindahan kekuasaan, akan bertahan atau tidak. Orang akan wait and see," kata dia. 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com