Bank Mandiri "Ogah" Biayai Perusahaan "Startup"

Kompas.com - 27/04/2016, 18:24 WIB
Kartika Wirjoatmodjo (tengah), Direktur Utama Bank Mandiri yang baru dalam RUPST Bank Mandiri, Senin (21/3/2016). Sakina Rakhma Diah Setiawan/KOMPAS.comKartika Wirjoatmodjo (tengah), Direktur Utama Bank Mandiri yang baru dalam RUPST Bank Mandiri, Senin (21/3/2016).
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

SERPONG, KOMPAS.com - CEO PT Bank Mandiri Tbk Kartika Widjoatmojo mengatakan alasan Bank Mandiri tidak salurkan kredit untuk perusahaan rintisan usaha (startup) adalah karena pendapatan yang belum jelas.

Ia juga beralasan bisnis startup ini masih sangat awal sehingga arah bisnisnya belum bisa ditentukan.

"Kita lihat bisnis startup itu kadang-kadang udah jalan tapi sales-nya belum jelas, kadang-kadang sales-nya udah ada tapi pendapatannya belum jelas. Jadi penyaluran kredit bank bukan usulan yang tepat," ujar Kartika dalam press conference di acara IESE 2016, Rabu (27/4/2015).

Menurutnya, pendanaan yang cocok untuk bisnis startup adalah ventura kapital atau modal ventura.

Sebab, ventura kapital itu melihat bisnis startup bukan dari pendapatannya tapi melihat dari potensi bisnis masa depan startup itu.

"Ventura kapital ini melihat startup dari future-nya, sementara bank melihat dari segi revenue-nya," jelas Kartika.

Sementara itu, board of Advisor Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) Mahendra Siregar mengatakan, pemerintah harus cari alternatif lain untuk masalah pendanaan startup ini.

(Baca : Jokowi "Pusing" Perkembangan "Startup" Indonesia Tertinggal dari Negara Lain)

 

Menurutnya, selama ini usaha pemerintah untuk cari solusi pendanaan startup belum maksimal.

"Saya melihat sudah berusaha tapi belum maksimal, harus ada alternatif lain. Mungkin menyakinkan BUMN telekomunikasi untuk tanam investasi ke startup," ujarnya

Kompas TV Dampak Angkutan Online pada "Start Up"

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X