Pengoperasian Terminal 3 Ultimate Belum Jelas, Ini Kata Kemenhub

Kompas.com - 08/06/2016, 19:53 WIB
Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hemi Pamuraharjo saat berbicara dengan wartawan, Jakarta, Jumat (27/5/2016). Yoga SukmanaKepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hemi Pamuraharjo saat berbicara dengan wartawan, Jakarta, Jumat (27/5/2016).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Nasib pengoperasian Terminal 3 Ultimate Bandara belum bisa ditentukan.

Sebab, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum mengeluarkan izin operasi.

Kepala Biro Pusat Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Hemi Pamuraharjo mengatakan, Terminal 3 Ultimate masih dalam proses pemeriksaan.

"Kami mengecek kekurangan-kekurangan, kesesuaian dengan peraturan," ujar Hemi di Jakarta, Rabu (8/6/2016).

Ia menuturkan, pengecekan terminal bandara itu dilakukan untuk mengetahui apakah terminal baru itu sudah memenuhi standar atau belum.

Apabila hasil pengecekan menunjukkan bahwa Terminal 3 Ultimate layak, Kemenhub akan langsung menerbitkan surat izin operasional.

Sebelumya, Angkasa Pura II belum bisa memastikan mengoperasikan Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 20 Juni 2016 nanti.

Sebab, pengoperasian terminal baru tersebut harus menunggu commissioning final yang akan dilaksanakan Garuda Indonesia dan izin operasi dari Kementerian Perhubungan.

"Jadi gini, kita go or no go-nya tergantung dari hasil commissioning atau verifikasi Kemenhub. Kalau Kemenhub oke ya kita jalan," ujar Direktur Pelayanan dan Fasilitas AP II Ituk Herarindri di Gedung DPR, Jakarta.

Pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini sudah rampung.

Menurut rencana, pengoperasiannya akan dilakukan dalam dua tahap.

Pada tahap pertama, pengoperasian Terminal 3 Ultimate akan dilakukan pada Mei atau Juni 2016 ini.

Sementara itu, pengoperasian untuk tahap kedua akan dilakukan pada 2017, berbarengan dengan rampungnya kereta bandara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.