Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapitalisasi Pasar BEI Tembus Rp 6.000 Triliun jika 7 Perusahaan Berhasil IPO

Kompas.com - 07/08/2016, 14:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengatakan, jika tujuh perusahaan yang sedang melakukan proses penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) berjalan lancar, maka nilai kapitalisasi pasar domestik bisa tembus Rp 6.000 triliun.

"Jika prosesnya lancar kapitalisasi pasar modal kita bisa di atas Rp 6.000 triliun," ujar Tito saat dihubungi Kompas.com, Minggu (7/8/2016).

Meski tidak menyebutkan secara rinci perusahaan apa saja yang akan melakukan IPO, namun Tito menyebutkan, berdasarkan data BEI per 5 Agustus 2016, nilai kapitalisasi pasar modal Indonesia sebesar Rp 5.838 triliun.

Tito menambahkan, kapitalisasi pasar domestik akan semakin besar mengingat kondisi perekonomian dalam negeri yang mulai berangsur naik, membuat para investor semakin menambah portofolio investasinya di pasar modal.

"Ekonomi kita tumbuh lebih dari 5 persen, inflasi stabil, cadangan devisa kita juga naik," imbuh Tito.

Selain itu, program pengampunan pajak atau tax amnesty yang digadang-gadang pemerintah guna menarik dana dari luar untuk masuk ke dalam negeri akan semakin memperkuat perekonomian dalam negeri terlebih di sektor pasar modal.

"Saya juga percaya program amnesti pajak turut memberikan dampak positif bagi pasar modal," tandasnya.

Menurut Tito, kondisi perekonomian dalam negeri yang diprediksi akan terus naik akan terus mendorong dana investor asing mengalir ke pasar saham domestik.

"Aliran dana asing sejak awal tahun sudah lebih dari Rp 32 triliun. Investor domestik jangan ketinggalan," pungkasnya.

Kompas TV BEI Torehkan Rekor Perdagangan Baru
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com