Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal Kenaikan Suku Bunga AS pada Desember 2016 Makin Nyata

Kompas.com - 04/11/2016, 17:01 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com – Para semakin yakin bank sentral AS Federal Reserve akan menaikkan suku bunga acuan Fed Fund Rate (FFR) pada bulan Desember 2016 mendatang.

Hal ini sejalan dengan laporan jumlah serapan tenaga kerja di AS yang menunjukkan perbaikan, sehingga mendukung pertimbangan The Fed untuk mengambil langkah tersebut.

Mengutip Bloomberg, Jumat (4/11/2016), persentase kemungkinan The Fed menaikkan suku bunga acuan pada pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) menjulang hingga mencapai 78 persen, tertinggi sejak Maret 2016.

Padahal, pada akhir pekan lalu, persentase tersebut masih pada posisi 69 persen. Laporan tenaga kerja AS mencatatkan sebanyak 173.000 tenaga kerja terserap selama bulan Oktober, dibandingkan 156.000 pada bulan September 2016. Hal ini didasarkan pada survei yang dilakukan terhadap para ekonom.

“Data serapan tenaga kerja akan menegaskan kenaikan suku bunga acuan pada bulan Desember. Perekonomian AS terus pulih,” kata Hiroki Shimazu, ekonom di MCP Asset Management.

Pada pertemuan FOMC pekan lalu, The Fed menyatakan bakal menunggu beberapa bukti lanjutan terkait terus berlanjutnya progres pergerakan ekonomi.

Pada pertemuan tersebut, The Fed memutuskan untuk menahan suku bunga acuan FFR. Adapun terakhir kali The Fed menaikkan suku bunga acuan adalah pada Desember 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com