Kompas.com - 10/11/2016, 19:10 WIB
|
EditorM Fajar Marta

DEPOK, KOMPAS.com - Bisnis layanan keuangan berbasis teknologi komunikasi dan informatika, atau financial technology (Fintech) tengah berkembang di Indonesia.

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) pun kabarnya tengah mempersiapkan diri ikut meramaikan bisnis Fintech ini.

"Tahun depan kami mengarah ke bisnis yang lebih digital. Digital itu yang berhubungan dengan personal atau personal business. Kami sedang menyelesaikan Fintech," kata Torkis Sihombing VP Corporate and Strategic TLKM, di Depok, Jawa Barat, Kamis (10/11/2016).

Saat dikonfirmasi, apakah rencana tersebut akan direalisasikan tahun depan, Torkis belum mau memastikan.

Saat ini TLKM tengah melakukan kajian, termasuk menyiapkan sistem dan sumber daya manusianya.

Mengenai apakah bisnis Fintech itu akan dikerjakan sendiri, atau menggandeng partner lain, Torkis menyatakan bisnis Fintech tentunya membutuhkan beragam kompetensi.

"Kenapa tertarik ke Fintech, ini karena saat ini salah satu digital business yang dilihat orang adalah Fintech. Nah TLKM sedang mengkaji, apakah ini cocok dengan DNA TLKM," ucap Torkis.

Lebih lanjut Torkis mengatakan, makin gencarnya TLKM masuk ke bisnis digital dikarenakan kontribusi pendapatan dari voice dan SMS turun, sejak perkembangan aplikasi yang menawarkan telepon dan layanan pesan gratis.

Torkis mengatakan, hal serupa juga dialami oleh banyak operator lain, signifikan sejak 2010. Sebagai informasi, pada kuartal III 2016, TLKM mencatatkan pendapatan sebesar Rp 86,19 triliun, atau naik 13,8 persen dibandingkan periode sama 2015 (YoY).

Pencapaian tersebut didukung oleh bisnis Data, Internet, dan IT yang meningkat tajam 37 persen (YoY).

Bisnis data, internet, dan IT tersebut memberikan kontribusi sebesar 37,7 persen terhadap total pendapatan perseroan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.