Begini Cara Memanfaatkan Kreativitas Generasi Milenial

Kompas.com - 15/12/2016, 17:44 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Keniscayaan paling anyar adalah bahwa pada 2020, Indonesia dipenuhi oleh penduduk dari generasi milenial. Generasi yang lahir di awal 2000-an dengan tingginya penguasaan teknologi dan informasi itu bakan menjadi angkatan kerja Tanah Air. Data dari laman Badan Pusat Statistik (BPS), bps.go.id, menunjukkan dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2014-2015 jumlah penduduk Indonesia mencapai 254,9 juta jiwa dan jumlah angkatan kerja di Indonesia mencapai 128,30 juta jiwa.  

Sementara itu, di mata Country Manager JobStreet.com Indonesia, Faridah Lim, hari ini, kondisi makin banyaknya generasi milenial ini sejatinya menjadi tantangan ke depan yang unik. "Soalnya, generasi milenial ini kan punya kreativitas," tutur perempuan berkaca mata ini di sela-sela kegiatan HR Networking Event 2016 di Jakarta.

Terkait dengan pekerjaan, kata Faridah, generasi milenial yang terbiasa dengan gawai canggih itu selalu punya tiga syarat. Generasi milenial selalu mempertimbangkan keuntungan yang bisa didapat dari pekerjaan. Generasi milenial juga tergiur oleh gaji tinggi. "Generasi milenial ini juga menyukai training dan development bagi dirinya di tempat bekerja," kata Faridah.

Maka dari itulah, salah satu ciri yang menyertai generasi milenial adalah seringnya berpindah-pindah pekerjaan. "Mereka bisa saja pindah pekerjaan dalam enam bulan," kata Faridah memberi contoh.

Berangkat dari situlah, menjadi tantangan bagi perusahaan-perusahaan untuk mampu menjaga spirit agar generasi milenial setidaknya mereduksi kebiasaan berpindah-pindah tempat kerja. "Memberi apresiasi pada kreativitas mereka adalah salah satunya," ujar Faridah.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah mengembangkan budaya kerja yang memberi keleluasaan untuk bebas berekspresi. "Berikan juga kenyamanan dan gaya yang sesuai dengan generasi milenial,"demikian pesan Faridah Lim.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X