Kompas.com - 03/01/2017, 15:50 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sepanjang Desember 2016 harga pangan dinilai cukup stabil. Sehingga, inflasi di Desember 2016 hanya mencapai 0,42 persen atau terendah sejak 2010.

Kepala BPS, Suharyanto mengatakan, harga beberapa bahan komoditas terbilang cukup stabil seperti beras. Padahal, biasanya harga beras mengalami kenaikan saat libur natal dan tahun baru.

"Ini hasil kerja pemerintah yang patut diapresiasi," kata Suharyanto di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Selasa (3/1/2016).

Meski inflasi Desember 2016 terbilang rendah, namun BPS mengimbau agar pemerintah tetap mewaspadai pergerakan harga cabai rawit.

Himbauan tersebut bukan tanpa alasan, mengingat dalam beberapa minggu terakhir harga cabai rawit semakin melesat hingga berdampak pada tingginya inflasi.

"Cabai rawit meski pun tidak terlalu tinggi tapi andilnya 0,04 persen. Tidak terlalu tinggi tapi saya kira ini harus diwaspadai," pungkas Suharyanto.

Kompas TV Harga Cabai di Mojokerto Meroket
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.