Kompas.com - 01/03/2017, 15:32 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Berliburnya Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz ke Bali menyisipkan harapkan baru.

Wisatawan asal Arab Saudi bisa membanjiri Indonesia. Sebab, menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suharyanto, jumlah wisatawan dari Arab Saudi ke Indonesia masih relatif rendah.

Pada Desember 2016 misalnya, jumlah wisman asal Arab Saudi hanya 8.221 orang. "Januari (2017) lalu jadi 14.342 orang. Tentu kami berharap kalau bisa promo lebih gencar lagi sehingga kedepannya akan meningkat lagi," ujarnya di Jakarta, Rabu (1/3/2017).

Dari catatan BPS, kedatangan Turis asal Arab Saudi ke Indonesia mencapai titik tertinggi sebelum puasa atau sebelum lebaran.

Deputi Statistik Bidang Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo bahkan mengungkapan, ada potensi multiplier besar dari kedatangan Raja Salman ke Indonesia.

Selain berpotensi mendorong wisman asal Arab Saudi, wisman asal negara Timur Tengah lainnya juga diharapkan datang berlibur ke Indonesia layaknya sang raja.

"Saudi Arabia kan pengaruhnya besar dan menjadi referensi negara-negara Timur Tengah. Kalau dia oke ke sini, mungkin merdorong peningkatkan kunjungan ke Indonesia," kata Sasmito.

Seperti diketahui, Raja Salman akan berada di Indonesia pada 1-9 Maret 2017. Sebelum berlibur ke Bali, sang raja memiliki agenda di Jakarta dan Bogor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.