10.000 Buruh Pelabuhan Tanjung Priok Ancam Mogok Kerja Seminggu

Kompas.com - 08/05/2017, 14:30 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar 10.000 buruh pelabuhan mendukung aksi mogok kerja bersama 700 para pekerja Jakarta International Container Terminal (JICT). Bahkan mereka berencana ikut mogok kerja pada 15-20 Mei 2017.

Menurut Sekretaris Jenderal Federasi Pekerja Pelabuhan Indonesia (FPPI) Nova Sofyan Hakim, ancaman aksi mogok itu untuk menentang keras perpanjangan kontrak JICT ke tangan investor asal Hongkong yakni Hutchison Port Holdings (HPH).

"Pekerja mengutuk kesewenangan pemegang saham JICT yang memaksakan perpanjangan kontrak walau banyak kejanggalan," ujarnya dalam keterangan resmi, Jakarta, Senin (8/5/2017).

Masalah terkait perpanjangan kontrak JICT bukanlah isu baru. Pada 2015 lalu, DPR RI secara resmi merekomendasikan Pemerintah untuk membatalkan perpanjangan kontrak JICT.

Berdasarkan investigasi Panitia Khusus Angket DPR RI, perpanjangan kontrak JICT ke HPH berpotensi merugikan negara sebesar Rp 36 triliun.

Sedianya, kontrak pengelolaan JICT oleh HPH akan berakhir pada 2019. Namun, Pelindo II memutuskan untuk memperpanjang konsesi hingga 2039 mendatang.

(Baca: Investor Global Penting Bagi Tanjung Priok)

Kompas TV Presiden Jokowi Resmikan Tol Akses Tanjung Priok

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.