Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Pasok Uang Tunai Rp 29,4 Triliun untuk Transaksi Nasabah Selama Ramadhan

Kompas.com - 05/06/2017, 03:30 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk akan memasok uang tunai senilai Rp 29,4 triliun untuk memenuhi kebutuhan dana tunai nasabah jelang hingga setelah Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Jumlah tersebut dianggarkan untuk menjamin kecukupan transaksi nasabah Bank BTN selama Bulan Ramadhan.

Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan kebutuhan dana tunai pada bulan Ramadhan selalu mengalami peningkatan dibandingkan hari biasa. Umumnya, kebutuhan likuiditas tunai tersebut naik hingga 30 persen dari hari biasa.

"Kami fokus menjamin kenyamanan nasabah jelang dan usai Lebaran. Dana kas tersebut akan disediakan untuk kebutuhan nasabah secara nasional selama periode 29 hari,” jelas Maryono melalui keterangan resmi di Jakarta.

Dia menjelaskan, sebesar 30 persen dari dana tersebut atau sekitar Rp 8,8 triliun akan dialokasikan untuk pengisian mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Bank BTN.

Kemudian, sisanya atau sekitar Rp 20,6 triliun dianggarkan untuk kas pada Kantor Cabang. Selain itu, Bank BTN juga melayani penukaran uang baru dan pecahan uang kecil sejak awal bulan Ramadhan di seluruh jaringan kantor perseroan.

Selama libur Idul Fitri 1438 H, emiten bersandi saham BBTN ini juga akan membuka layanan secara terbatas untuk penerimaan pembayaran angsuran kredit pemilikan rumah (KPR).

Selain itu nasabah dapat memanfaatkan mesin CDM (cash deposit machine) untuk melakukan penyetoran pembayaran angsuran KPR melalui rekening tabungan.

Bank BTN tercatat memiliki 1.951 ATM dan terhubung dengan 10.000 jaringan ATM Link. Bank BTN pun memiliki 897 jaringan kantor untuk melayani nasabah perseroan di seluruh Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com