Pertamina Akan Investasi Rp 100 Triliun Untuk 2020

Kompas.com - 23/11/2019, 19:40 WIB
Pahala Mansury saat memberikan pemaparan di acara Disrupto Rina Ayu LarasatiPahala Mansury saat memberikan pemaparan di acara Disrupto

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) akan menambah nilai investasinya pada tahun 2020. Sebagian besar dana akan digunakan pada kegiatan eksplorasi minyak dan gas bumi (migas) dan pembangunan kilang.

Direktur Keuangan Pertamina Pahala Mansyuri mengatakan bahwa alokasi investasi Pertamina pada 2020 sebesar Rp 100 triliun, meningkat dibanding tahun 2019 yang hanya Rp 60 triliun.

"Tahun depan kami berencana berinvestasi sekita 7,8 milyar Dollar AS atau kalau dirupiahkan di atas Rp 100 triliun," kata Pahala saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta, Sabtu (23/11/2019).

Baca juga : Erick Thohir Yakin Ahok Mampu "Pelototi" Direksi Pertamina

Menurut Pahala, nantinya sebagian besar uang tersebut akan dialokasikan untuk eksplorasi migas yang dilakukan untuk mengembangkan usaha blok migas yang dimiliki Pertamina

"Aloksi paling besar sekitar 3,5 miliar-3,7 milyar dollar AS di hulu untuk pengembangan aset hulu yang kami miliki," jelasnya.

Dia menyebutkan, aset hulu yang menjadi prioritas pengembangan tahun depan adalah Blok Mahakam, Pertamina menganggarkan sekitar satu billion Dollar As untuk blok migas yang dikerjakan oleh Pertamina sejak 2018. 

Selain Mahakam, Pertamina akan memfokusan dengan melakukan pencarian potensi migas melalui survei seismik 2D dari Komitmen Kerja Pasti Blok Jabi Merang.

"Tahun depan tentunya adalah Salah satu aset yang kita kembangkan. Selain itu lebih banyak eksplorasi termasuk survei seismik Jambi Merang," ujarnya.

Selain sektor hulu, alokasi investasi tahun depan juga diperioritaskan untuk pembangunan kilang dengan anggaran lebih dari 1,5 milyar dollar AS.

Nantinya pembangunan kilang akan difokuskan di Balikpapan dan Tuban.

"Untuk kilang kurang lebih di atas 1,5 miliar dollar AS, terutama yang sudah jalan di Balikpapan dan persiapan Tuban," ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X