Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran 2024, KAI Sebut "Suite Class Compartment" dan "Luxury" Laris Manis

Kompas.com - 25/04/2024, 18:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) meyebut tiket kereta kelas Suite Class Compartment dan Luxury laris dibeli masyarakat pada Angkutan Lebaran 2024.

Selama 31 Maret sampai 21 April 2024, KAI telah menjual 1.573 tiket kelas Suite Class Compartment atau 112 persen dari total kapasitas yang disediakan sebanyak 1.408 tiket. Sementara tiket kelas Luxury terjual 12.941 tiket.

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan, selama Angkutan Lebaran 2024, kereta kelas Suite Class Compartment dirangkaikan dengan KA Bima relasi Gambir-Surabaya Gubeng pp dan KA Argo Semeru relasi Gambir-Surabaya Gubeng pp.

Baca juga: Resmi Diluncurkan, Segini Harga, Jadwal dan Fasilitas Kereta Suite Class Compartment

Sementara, kereta kelas Luxury dirangkaikan dengan KA Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan pp, Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasarturi pp, Argo Lawu relasi Gambir-Solo Balapan pp, Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung pp, Gajayana relasi Gambir-Malang pp, Sembrani relasi Gambir-Surabaya Pasarturi pp, Taksaka relasi Gambir-Yogyakarta pp, dan Manahan Tambahan relasi Gambir-Solo Balapan pp.

"KAI mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan setia yang telah memilih layanan Kereta Suite Class Compartment dan Luxury pada momen Lebaran 2024. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (24/4/2024).

Dia mengungkapkan, puncak volume penumpang kelas Suite Class Compartment untuk arus mudik terjadi pada H-3 lebaran atau 7 April dengan 76 penumpang, dan puncak arus balik pada H+2 lebaran atau 13 April sebanyak 104 penumpang.

Adapun puncak volume penumpang kelas Luxury untuk arus mudik terjadi pada H-4 lebaran atau 6 April dengan 683 penumpang, dan puncak arus balik pada H+4 lebaran atau 15 April sebanyak 774 penumpang.

Interior Kereta Suite Class Compartment.Dok. KAI Interior Kereta Suite Class Compartment.
Sebagai informasi, sebagian sarana kereta Luxury yang KAI operasikan pada angkutan Lebaran 2024 telah menggunakan armada Kereta Luxury New Generation dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Keunggulan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation ini di antaranya pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis.

Di samping itu, Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia di masing-masing kereta dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan. PIDS tersebut membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi yang penting bagi pelanggan selama perjalanan.

Jendela Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation juga telah di-upgrade menjadi tempered double glass dari sebelumnya tempered glass. Sehingga tingkat keamanan lebih tinggi, membantu mengurangi masuknya panas berlebih dan sinar UV ke dalam ruangan, serta mereduksi kebisingan lebih baik.

Keunggulan lain pada Kereta Luxury New Generation ada penambahan toilet dari Kereta Luxury sebelumnya dari 1 toilet menjadi 2 toilet dan dipisahkan menjadi toilet pria dan wanita.

Baca juga: Bos KAI Pede Kereta Suite Class Compartement Bisa Bersaing dengan Pesawat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com