Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia X Beli 42 Pesawat Airbus Senilai Rp 71,1 Triliun

Kompas.com - 01/09/2019, 06:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

PARIS, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan AirAsia X telah melakukan pemesanan sebanyak 42 unit pesawat Airbus senilai 5 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 71,1 triliun.

Kabar ini telah dikonfirmasi oleh pihak Airbus. Adapun rincian pemesanannya adalah 12 unit pesawat Airbus A330neo untuk penerbangan jarak jauh dan 30 unit pesawat Airbus model terbaru A321XLR.

Dilansir dari Malay Mail yang mengutip AFP, Minggu (1/9/2019), biasanya pemesanan dalam jumlah besar akan diberikan diskon oleh pabrikan sesuai dengan harga katalog resmi.

Dalam pernyataannya, pihak Airbus menyatakan pemesanan ini menggenapkan jumlah pesanan pesawat AirAsia X menjadi 78 unit.

Baca juga: Sepanjang 2018, AirAsia X Merugi

Airbus meluncurkan pesawat terbarunya, yakni A321XLR baru-baru ini di ajang pameran dirgantara Paris Air Show. Direncanakan pesawat ini mulai mengudara pada tahun 2023 mendatang.

Pesawat berbadan ramping gang tunggal (single aisle) ini disebut menjadi alternatif efisiensi biaya ketimbang penggunaan pesawat berbadan lebar. Pesawat Airbus A321XLR 15 persen lebih efisien ketimbang pendahulunya, yakni A321LR.

CEO AirAsia Tan Sri Tony Fernandes menyatakan pesawat tipe baru yang dipesan tersebut akan memungkinkan AirAsia X menawarkan penerbangan ke sejumlah destinasi baru.

AirAsia X saat ini melayani penerbangan ke 31 destinasi di kawasan Asia, Australia, Timur Tengah, dan Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com