Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan Harga BBM Terbaru, Pertamax Turun, Vivo Revvo 92 dan Shell Super Ikutan Turun

Kompas.com - 01/10/2022, 19:30 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) per 1 Oktober 2022, telah menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM) non-subsidinya. Terutama BBM jenis Pertamax (RON 92) yang awalnya Rp 14.500 per liter, kini dijual Rp 13.900 per liter.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menjelaskan, harga BBM non-subsidi akan terus disesuaikan mengikuti tren harga rata-rata publikasi minyak yakni Mean of Platts Singapore (MOPS) atau Argus.

"Evaluasi dan penyesuaian harga untuk BBM non subsidi akan terus kami lakukan secara berkala setiap bulannya. Berdasarkan perhitungan, pada periode September lalu untuk produk Gasoline (bensin) yakni Pertamax Series mengalami penyesuaian turun harga, sedangkan untuk produk Gasoil (diesel) Dexlite dan Perta Dex penyesuaiannya naik harga. Seluruh penyesuaian harga berlaku mulai tanggal 1 Oktober," katanya melalui siaran pers Pertamina, Sabtu (1/10/2022).

Baca juga: Daftar Harga Pertamax Terbaru dari Aceh hingga Papua per 1 Oktober 2022

Sedangkan untuk Dexlite (CN 51), terdapat penyesuaian harga menjadi Rp 17.800 dan Perta Dex (CN 53) harganya menjadi Rp 18.100 per liternya. Harga ini berlaku untuk provinsi dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5 persen seperti di wilayah DKI Jakarta.

Lebih lanjut kata Irto, mengenai adanya perbedaan penyesuaian harga pada produk Pertamax Series dan Dex Series, diakibatkan oleh kondisi energi global, salah satunya adalah geopolitik di Eropa Timur.

Kondisi ini menyebabkan tingginya permintaan produk bahan bakar gas di seluruh dunia. Salah satunya substitusi bahan bakar diesel yang harganya mengacu kepada MOPS Kerosene.

Baca juga: Harga Pertamax Turun, Kapan Giliran Pertalite dan Solar Subsidi?

 


Dengan adanya penyesuaian BBM non-subsidi tersebut, PT Vivo Energy Indonesia yang baru-baru ini menarik minat masyarakat untuk mengisi di SPBU Vivo serta PT Shell Indonesia turut membuat keputusan serupa.

Untuk jenis Vivo Revvo 92 yang setara dengan BBM Pertamax ini turun harga dari Rp 15.400 per liter menjadi Rp 14.140 per liter. Kemudian, Shell Super (RON 92) yang juga setara kualitasnya dengan Pertamax juga menurunkan harga BBMnya dari Rp 15.420 per liter, menjadi Rp 14.150 per liter.

Baca juga: Per 1 Oktober 2022, Harga Pertamax Turun, Kini Hanya Terpaut Rp 250 Dibanding BP 92 di BP-AKR

Berikut perbandingan harga Pertamax, Vivo Revvo 92, dan Shell Super per 1 Oktober:

- Pertamax (RON 92) harga penyesuaian menjadi Rp 13.900

- Vivo Revvo 92 harga penyesuian menjadi Rp 14.140

- Shell Super (RON 92) harga penyesuaian menjadi Rp 14.150

Baca juga: 4 SPBU Kompak Turunkan Harga, Ini Perbandingan Harga BBM Terbaru di Pertamina, Shell, Vivo, BP-AKR

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com